Sabtu, 17 Januari 2015

Menulis itu susah! Apa iya?

Sebagai pelajar ataupun mahasiswa tentunya kita sudah sangat akrab dengan kegiatan menulis, baik secara manual (tulisan tangan) ataupun menggunakan alat elektronik/gadget. Mengirim pesan melalui SMS, BBM ataupun sejenisnya, itu bukanlah hal yang sulit dilakukan. Namun ketika diminta membuat sebuah essay apakah akan sama mudahnya seperti ketika kita SMSan, BBMan atau sejenisnya?

Saya pernah suatu ketika mendapat tugas dari seorang dosen untuk membuat essay mengenai topik tertentu dan jumlah katanya ditentukan. Pada malam harinya saya tidak bisa tidur karena stress. Bukan karena saya tidak paham mengenai topik yang diberikan, tetapi saya bingung kalimat seperti apa yang harus saya tulis untuk memulai essay saya.

Dari situlah saya sadar bahwa keahlian atau kemampuan menulis tidak datang dengan sendirinya. Diperlukan banyak latihan. Berikut beberapa hal yang pernah dikatakan oleh dosen saya untuk meningkatkan kemampuan menulis:

Perbanyaklah Membaca

Seperti halnya seorang anak yang mendengarkan dan merekam apa yang orang tua mereka katakan ketika belajar berbicara. Untuk bisa menulis kita harus membaca terlebih dahulu. Dengan membaca kita dapat memperoleh banyak informasi yang nantinya dapat digunakan untuk mengembangkan ide-ide tiap paragraph dalam tulisan kita.

Take Notes

Catatlah hal ataupun poin penting yang didapat ketika membaca ataupun setelah membaca dan gunakan kata-kata anda sendiri untuk menghindari plagiat. Jika bingung untuk membuat kata-kata sendiri, kutip saja bagian yang penting tersebut namun jangan lupa cantumkan sumbernya.

Mintalah Feedback

      Mintalah orang lain untuk memberikan feedback. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kemungkinan adanya tanda baca, ejaan, atau kata yang kurang sesuai yang membuat pesan dari essay yang anda buat tidak tersampaikan dan dimengerti dengan baik.

Baca juga :
Kata Bahasa Inggris Yang Membingungkan 
Pentingnya Peran Ibu Terhadap Prestasi Anak Di Sekolah
Tipe-tipe Dosen


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feel free to leave your comments